Be a smartuser

Andrean NR

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 Desember 2016

3 Dimensi


 



      Seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang dibatasi tidak hanya dengan sisi panjang dan lebar, tetapi juga dibatasi oleh kedalaman. Atau dalam bahasa sederhananya yaitu karya seni yang memiliki ruang. Unsur ruang inilah yang menjadi pembeda antara karya seni rupa 2 dimensi dengan karya seni rupa 3 dimensi.

       3 dimensi tidak hanya berkaitan dengan benda-benda fisik, namun sudah memasuki dalam bidang software (perangkat lunak).

Contoh 3 dimensi dalam bentuk software ialah :

1. Camera Tracking

       Camera Tracking adalah proses mengambil sebuah objek yang bergerak atau ( multiple objek ) dari waktu ke waktu menggunakan kamera. Teknik ini memiliki berbagai kegunaan, beberapa diantaranya adalah :
  • Interaksi manusia dengan komputer
  • keamanan dan pengawasan
  • komunikasi video
  • kontrol lalu lintas
  • pencitraan medis
  • video editing
      Video dapat menjadi proses yang memakan waktu karena jumlah data yang terdapat dalam video. Menambahkan lebih lanjut untuk kompleksitas objek adalah kebutuhan yang mungkin menggunakan teknik pengenalan objek untuk pelacakan.

Contoh hasil video 3 dimensi dengan teknik camera tracking :

https://www.youtube.com/watch?v=ZlTbKv9rrd8


2. Augmented Reality (AR)


      AR adalah teknologi yang menggabungkan  benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime).

       Teknologi baru ini, yang disebut Augmented Reality disingkat AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara apa yang nyata dan apa yang dihasilkan komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasa dan mencium

Contoh dari AR adalah pada permainan pokemon GO yang belum lama ini sangat viral di dunia.












0 komentar:

Posting Komentar